Visi Kota Mataram 2011-2015:

Walikota Mataram Periode 2010-2015

VISI :

“Mewujudkan Kota Mataram yang Maju, Religius dan Berbudaya”

  • Maju ditujukan untuk mewujudkan masyarakat kota yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk didalamnya seni dan sosial budaya sehingga kemajuan yang dicapai dengan landasan budaya dan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Mentaram dan memiliki kebanggaan sebagai WARGA GUMI MENTARAM.
  • Religius diartikan terciptanya masyarakat kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, mengedepankan muammalah serta toleransi yang tingi antar ummat beragama dalam suasana harmonis dalam kerangka penciptaan masyarakat MADANI.
  • Berbudaya diartikan sebagai terciptanya keseimbangan antara kemajuan dan relegiusitas yang saling berterima dalam kemajuan dan kemajemukan, menguatkan jati diri serta mantapnya budaya lokal yang ditandai dengan masyarakat yang bermoral, bermartabat dan berkesadaran hukum berdasarkan nilai-nilai dan norma-norma, adat istiadat serta peraturan yang berlaku dalam bingkai masyarakat Madani.

 

5 Misi dalam mewujudkan visi mewujudkan Kota Mataram yang MAJU,RELIGIUS dan BERBUDAYA.

  1. Mewujudkan masyarakat perkotaan yang AMAN ditunjukkan dengan kehidupan masyarakat yang kondusif, dinamis dan harmonis.
  2. Meninggalkan kualitas Sumber Daya Manusia yang handal untuk mendorong daya saing daerah.
  3. Memberdayakan ekonomi rakyat berbasis potensi lokal yang berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip tata Pemerintahan yang baik (Good Governance)
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan sarana perkotaan.

 

Program Pembangunan :

  1. Peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas)
  2. Penataan dan pembinaan kependudukan.
  3. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia.
  4. Pengembangan wilayah dalam rangka pemberdayaan ekonomi rakyat berbasis potensi lokal.
  5. Peningkatan pertumbuhan sektor perdagangan dan jasa.
  6. Terwujudnya prinsip-prinsip tata Pemerintahan yang baik.
  7. Pembinaan dan penegakan kesadaran hukum masyarakat.
  8. Penyediaan dan peningkatan sarana dan prasarana perkotaan
  9. Penataan supra struktur dan infra struktur Pemerintahan.
  10. Penataan kawasan pemukiman & Pelestarian lingkungan hidup.

 

Program Unggulan:

  1. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia dalam rangka peningkatan daya saing daerah.
  2. Pemberdayaan ekonomi rakyat berbasis potensi ekonomi lokal.
  3. Peningkatan daya dukung infrastrukur perkotaan dalam rangka pencapaian peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemberdayaan ekonomi rakyat.

Tugas dan Fungsi PPID 

 

 Tugas PPID

 Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu;

 Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publk;

 Melakukan verifikasi bahan informasi publik;

 Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan; 

 Melakukan pemuktahiran informasi dan dokumentasi ; dan

 Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.

 

 Fungsi PPID 

 Penghimpunan informasi publik dari seluruh SKPD di Iingkungan Pemerintah Kota Mataram;

 Penataan dan penyimpanan informasi publik yang diperoleh dari seluruh SKPD di Pemerintah Kota Mataram;

 Pelaksanaan konsultasi informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang terbuka untuk publik;

 Penyelesaian sengketa informasi.

 

 Tanggung Jawab PPID

Mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh informasi publik yang berada di Badan Pubik Pemerintah Daerah;

Mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh informasi publik dibawah penguasaan Badan Publik Pemerintah Daerah yang dapat diakses oleh publik

 

 Wewenang PPID

 Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

 Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/ satuaan kerja yang menjadi cakupan kerjanya;

 Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional yang menjadi  cakupan kerjanya;

 Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik;dan

 Menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk  membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.

Vote..!