Pantai Tanjung Karang

Dipostkan pada : 2015-11-14    Oleh : Denial E    Viewer : 554

Alamat Wisata : Mataram kota   

Kehidupan kampung nelayan memang berbeda dengan kehidupan masyarakat kampung lain pada umumnya. Dimana mereka memiliki beragam profesi seperti petani, peladang atau buruh. Namun kehidupan di kampung nelayan, profesi seluruh masyarakatnya adalah menjadi nelayan. Lingkungan yang persis di pesisir pantai dengan banyaknya perahu yang terpampang rapi membuat kampung nelayan lebih identik dengan para pencari ikan ke tengah lautan. Kampung nelayan seperti ini hampir tersebar luas di pesisir pantai pulau-pulau seluruh Indonesia.

Di Kota Mataram sendiri, bisa ditemukan kampung-kampung nelayan di sepanjang pesisir pantai bagian barat menuju utara maupun menuju bagian selatan. Namun di antara kampung-kampung tersebut, kampung nelayan Tanjung Karang yang berada persis di sebelah Taman Wisata Loang Baloq memiliki kehidupan yang menarik untuk dikunjungi. Kehidupan yang ramah, sederhana dan apa adanya sangat terlihat jelas di kampung ini.

Di kampung nelayan Pantai Tanjung Karang ini, hampir semua penghuninya berprofesi sebagai nelayan sejak dahulu. Ada banyak hal yang ditemui dari kampung nelayan Tanjung Karang ini. Mulai dari aktivitas nelayan yang setiap saat melaut, riuh renyahnya canda anak-anak kecil yang bermain air di pinggir pantai, aktivitas jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pembeli yang memang secara sengaja datang, serta keharmonisan antarwarga kampung hingga pembuatan ikan asin dan lain-lain. Seluruh aktifitas tersebut telah menjadi nuansa rutin yang terjadi setiap harinya di kampung nelayan Pantai Tanjung Karang.

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan khusus dengan pesisir pantai dan dinamika kehidupan kampung nelayanya, Pantai Tanjung Karang bisa menjadi tujuan Anda untuk berlibur atau sekedar berkunjung. Anda bisa mengamati kehidupan kampung ini dengan berjalan menyusuri perkampungan, atau melintasi pinggiran pantai sambil memandang deburan ombak yang senantiasa menemani langkah kaki Anda.

Anda juga bisa membeli ikan-ikan segar dari hasil tangkapan nelayan setempat yang baru pulang melaut. Selain kesegarannya, tentu saja harganya yang sangat murah jika dibandingkan Anda membelinya di pasar. Tak jarang dari mereka juga akan menawarkan Anda untuk sambil menyantapnya langsung disana, sambil menikmati hembusan angin pantai.

Bagi Anda yang memiliki kegemaran memancing juga dengan mudah mendapatkan perahu untuk melaut di kampung ini. Selain digunakan untuk menjala dan menangkap ikan oleh nelayan setempat, terkadang mereka juga menyewakan perahu untuk orang lain yang ingin memancing ke tengah laut. Nilai sewa perahu tersebut sudah termasuk bahan bakar perahu yang akan digunakan. Namun nilai plusnya, mereka akan senantiasa menemani Anda memancing ke tengah laut.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kampung Nelayan Pantai Tanjung Karang, dari pusat kota relatif dekat. Waktu tempuh untuk mencapai kampung nelayan ini hanya 15 menit.

Untuk lebih memaksimalkan kunjungan Anda, sebaiknya persiapkanlah barang-barang bawaan Anda yang nantinya akan diperlukan selama berada di Kota Mataram. Terutama kamera Anda, sangat banyak hal-hal menarik yang bisa diabadikan menggunakan kamera saat berada di kampung nelayan ini. Mulai dari landscape, Human of Interes, hingga foto-foto perjalanan pribadi Anda. (Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram, Buku Ayo ke Mataram)