WISATA RAMAH ANAK

Dipostkan pada : 2016-12-19    Oleh : Salman    Viewer : 114

Destinasi wisata tidak akan lepas dari pengunjung anak-anak, keluarga yang memiliki anak-anak pastinya akan memprioritaskan anak dalam perencanaan wisata mereka. Prioritas wisatawan kebahagiaan dan kenyamanan si buah hati.

Travelling bersama keluarga adalah sesuatu yang menyenangkan, memang berbeda sebelum memiliki keluarga dan setelah memiliki keluarga, setelah memiliki keluarga semua perjalanan wisata menjadi harus terencana. Karena belum tentu destinasi wisata yang kita datangi ramah anak, untuk perlu list tempat wisata setelah memiliki anak. Diskusi tentang tujuan travelling bersama anak menjadi hal utama, dan orang tua memberikan pandangan tentang wisata yang akan dikunjungi.

Pergi berwisata bersama anak menjadi momen tersendiri bagi keluarga yang memiliki kesibukan dalam perkerjaan, wisata menjadi wahana yang tepat untuk meningkatkan kedekatan anak dan orang tua serta menjaga keharmonisan keluarga.

Untuk menyambut wisata ramah anak,  Kota Mataram melaksanakan parade Festival Seni dan Budaya Layak Anak 14 Oktober 2016, festival budaya ini untuk meingkatkan apresiasi anak-anak terhadap seni dan budaya tradisi serta meningkatkan kesadaran akan seni dan budaya layak untuk anak-anak. Jangan sampai seni dan budaya orang dewasa seperti lagu orang dewasa dinyanyikan oleh anak-anak. Anak-anak memerlukan wadah tersendiri dalam mengapresiasikan kemampuan seninya sesuai dengan umur mereka.

Sebelumnya juga kota Mataram menjadi tuan rumah hari anak nasional (HAN) dan Forum Anak Nasional (FAN) dengan acara puncak pada tanggal 23 juli 2016, tujuan dilaksanakan acara ini menjadikan provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi provinsi layak anak. Gayung bersambut 3 bulan setalah acara Kota Mataram mengadakan festival seni dan budaya layak anak.

Komitmen pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Kota Mataram untuk menjadi Kota layak anak bersatu padu dengan konsep wisata layak anak. Kota mataram dengan berbagai destinasi sangat layak untuk menjadi tujuan wisata ramah anak. Dengan adanya tujuan-tujuan wisata khusus anak di Kota Mataram menandakan kota mataram layak menjadi wisata ramah anak.

Wisata ramah atau layak anak memiliki beberapa kriteria, yaitu;  pertama, secara akses atau transportasi menuju lokasi wisata tidak membahayakan bagi anak, kedua, lokasi wisata tidak mempertontonkan perilaku yang tidak layak bagi anak, ketiga, pengunjung wisata lainnya tidak mengganggu perkembangan perilaku anak, keempat, destinasi wisata memberikan pendidikan kepada anak. Kelima, anak-anak enjoy dalam melakukan wisata.

Lima kreteria tempat wisata ramah anak bisa didapatkan di Kota Mataram. Secara akses perjalanan menuju tempat wisata di Kota Mataram mudah ditempuh dan tidak berbahaya bagi. Tempat-tempat wisata di Kota Mataram adalah tempat tempat wisata keluarga dan sangat ramah dengan anak-anak, misalnya Taman Rekreasi Loang Baloq, taman ini menyediakan jogging track bagi wisatawan, menyediakan berugak/balai khas sasak untuk tempat berkumpul keluarga dan didepan taman ada pantai Loang Baloq, ada tempat bermain untuk anak-anak. Begitu juga dengan taman-taman lainnya seperti taman selagas, taman mayura, taman udayana dan ruang terbuka hijau pagutan. Semua tempat ini ramah untuk wisata keluarga dan sangat ramah untuk anak.

Selamat datang di Kota Mataram, Selamat datang di bumi wisata ramah anak.

Ayo ke Mataram, Solah molah nyaman lek mataram