SOLAH, MOLAH DAN NYAMAN LEK MATARAM

Dipostkan pada : 2016-12-19    Oleh : Salman    Viewer : 185

Solah, Molah dan nyaman adalah bahasa sasak, dimana solah berarti indah atau bagus, molah berarti mudah dan nyaman berarti rasa aman, rasa tenang. Lek Mataram berarti di mataram. Solah, molah dan nyaman lek mataram berarti kita akan menemukan keindahan, kemudahan dan rasa nyaman di Mataram.

Destinasi wisata membutuhkan tiga hal di atas solah ( Indah), Molah (mudah) dan nyaman (rasa aman dan nyaman). Ketiga hal ini saling terkait dalam dunia wisata, tempat wisata tidak cukup dengan Solah (indah) saja kalau kemudahan akses ke tempat wisata tidak ada dan rasa nyaman tidak terjamin. Begitupun molah (mudah) saja tidak cukup kalau keindahan tidak tersedia dan kenyamanan tempat wisata tidak ada.

Kota Mataram menggunakan tiga hal ini sebagai slogan untuk diwujudkan dalam destinasi pariwisata di Kota Mataram. Berikut uraian Solah, Molah Nyaman Lek Mataram, pertama, Solah (indah) lek (di) mataram, pariwisata mataram menawarkan keindahan tempat wisata, keindahan wisata kuliner, keindahan wisata budaya dan wisata religi.

Keindahan tempat wisata, wisatawan akan menikmati berwisata di pantai dan keindahan wisata taman.  Mataram memiliki tiga wisata pantai yang menyambung menjadi satu destinasi wisata yaitu pantai gading dan pantai dan taman loang baloq yang berlokasi di kecamatan sekarbela serta Pantai Ampenan yang berada di kecamatan Ampenan, destinasi wisata pantai ini berada diujung barat pulau lombok. Wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara bisa menikmati keindahan ketiga pantai tersebut berbaur dengan masyarakat mataram dan masyarakat pulau lombok yang banyak mengunjungi ketiga pantai ini.

Keindahan wisata kuliner. Kota mataram adalah surganya kuliner lombok, hampir semua makanan khas lombok bisa wisatawan nikmati, seperti ayam taliwang, beberoq, pelecing, nasi puyung, nasi rarang dan lain-lainya tersedia di seluruh penjuru mataram.

Keindahan wisata budaya, wisatawan bisa menemukan berbagai peristiwa budaya, salah satunya adalah adat nyongkolan, nyongkolan adalah salah satu adat perkawinan masyarakat sasak. Biasanya wisatawan bisa menikmatinya di hari minggu. Keindahan wisata religi, Kota mataram memiliki makam loang baloq dan makam bintaro yang menjadi tempat berkunjung bagi masyarkat seluruh penjuru lombok. Mataram memiliki taman mayura dan pure meru sebagai tempat religi umat hindu yang dibangun pada zaman kerajaan.

            Kedua, molah lek Mataram. Molah lek mataram adalah kemudahan akses wisata di mataram. Jarak tempuh dengan hitungan menit dari satu tempat ke tempat di Kota Mataram jadi keuntungan tersendiri di Kota Mataram, misalnya dari pantai dan loang baloq  menuju tempat wisata oleh-oleh mutiara lombok di sekarbela, bisa ditempuh dalam hitungan menit.

Kemudahan akses transportasi, travel-travel agen perjalanan wisata mengunjungi seluruh penjuru lombok bisa dengan mudah ditemukan di kota Mataram. Mataram jadi pusat travel wisata menuju seluruh pulau lombok.

Ketiga, nyaman lek mataram. Nyaman lek mataram adalah rasa tenang, bersahabat dan aman. Masyarakat mataram sebagai masyarakat religius dan berbudaya memperlakukan tamu sebagai keluarga dan sahabat. Tamu adalah raja bukan slogan lagi bagi masyarakat, menjaga kehormatan tamu, menjaga keharmonisan hubungan dengan tamu dan bersahabat atau friendly kepada wisatawan adalah jalan hidup masyarakat.

Solah lek mataram, molah lek mataram dan nyaman lek mataram menjadi satu kesatuan destinasi wisata Kota Mataram. Selamat datang di kota wisata mataram, anda menemukan keindahan, anda akan dapat kemudahan dan anda akan memperoleh kenyamanan.

Ayo ke Mataram, Solah molah nyaman lek mataram