MUTIARA LOMBOK

Dipostkan pada : 2016-12-19    Oleh : Salman    Viewer : 197

Mataram dan pulau lombok adalah salah satu destinasi andalan Indonesia, wisatawan yang mengunjungi lombok telah merambah multi etnis, multi kultur dan multi bangsa. Wisatawan Asia, Eropa bahkan Timur Tengah menjadikan lombok sebagai salah satu tujuan wisata mereka.

Mengujungi tempat wisata, baik wisata dalam negeri maupun wisata ke luar negeri tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh khas destinasi wisata yang dikunjungi. Untuk itu, kesiapan daerah menyediakan produk lokal sebagai cindera mata dibawa ke daerah asal atau negara asal wisatawan menjadi keharusan. Produk oleh-oleh berupa kerajinan tangan, perhiasan, kaos khas, pakaian adat, makanan khas dan pelbagai produk lokal yang disediakan.

Produk oleh-oleh khas lombok dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu, pertama, perhiasan, produk perhiasan mutiara, emas dan perak. Kedua, pakaian, produk pakaian ini terdiri dari kain tenun khas adat sasak dan pakaian kaos lombok. Ketiga, Gerabah, terdiri dari berbagai macam olahan gerabah dari tanah liat. Keempat, kerajinan cukli, terdiri dari berbagai olahan kayu menjadi kursi dan meja serta pernak-pernik khas lombok lainnya. Kelima, produk makanan khas lombok seperti dodol rumput laut, krupuk empak (krupuk kulit), tahu lombok dan berbagai olahan pangan lainnya.

Tulisan ini akan membahas mutiara sebagai salah satu produk perhiasan khas lombok. Mutiara, berlian, emas, perak konon adalah perhiasan surga. Karena menjadi perhiasan surga mutiara memiliki tempat khusus di mata kaum hawa khususnya.

Mutiara tidak hanya menjadi cindera mata yang dibawa pulang, namun mutiara juga menjadi salah satu bagian dari life style ­atau gaya hidup bagi wanita modern. Mutiara yang diikat dengan emas, perak, rodium atau bahan lainnya telah memikat hati wanita modern. Mutiara khas lombok memiliki dua fungsi sekaligus, sebagai barang oleh-oleh dan bahan kebutuhan gaya hidup.

Para artis wanita, ibu-ibu pejabat, wanita karir di perusahaan swasta, perempuan pengusaha dan berbagai profesi sangat menyukai mutiara. Mari kita urai tentang mutiara kesukaan kaum hawa ini.

Mutiara laut, mutiara tawar dan mutiara cell adalah tiga jenis mutiara yang beredar di Lombok. Ketiga jenis mutiara ini akan diikat dengan emas, perak, rodium, surfing dan stenlis. Mutiara laut yang diikat dengan emas, baik menjadi emas kuning atau putih adalah mutiara yang kita kataegori sebagai perhiasan barang mewah. Mutiara laut yang diikat dengan emas dan perak membutuhkan tenaga terampil dan seni khas seniman sekarbela, tempat asal para pengrajin emas dan perak di Kota Mataram. Berkat tangan terampil pekerja seni perhiasan sekarbela mutiara akan kelihatan mewah, menawan dan sedap dipandang mata.

Para seniman mutiara inilah para pekerja kreatif  yang bisa membuat berbagai macam jenis perhiasan, dengan mengandalkan keahlian tangan mereka. Apresiasi yang sangat tinggi perlu kita haturkan kepada para seniman ini.

Untuk mendapatkan mutiara khas lombok, Anda bisa berkunjung ke sentral kerajinan emas mutiara di jalan Sultan Kaharuddin Sekarbela kelurahan Karang Pule Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, anda bisa berkunjung ke Mataram Craft Centre (MCC), bisa berkunjung ke Karang Genteng Kelurahan Pagutan atau berbagai butik yang tersebar di Kota Mataram.

Ayo ke Mataram, Solah molah nyaman lek mataram