Karyawan Hotel Kota Mataram Go International

Dipostkan pada : 2016-10-13    Oleh : Salman    Viewer : 267

Mataram, 13 Oktober  2016

Rilis resmi / Press release

 

Karyawan hotel Kota Mataram Go International

Penyerahan Sertifikasi Profesi yang berlaku di ASEAN

 

Setelah melalui tahapan yaitu pelatihan dan uji kompetensi akhirnya karyawan hotel di Kota Mataram berhasil mendapatkan Sertifikat Profesi Kompetensi. Yang menjadi spesial dan berharga adalah Sertifikat ini berlaku di 11 negara ASEAN. Untuk tahapan pertama sebanyak 13 hotel non bintang dan bintang telah berhasil mendapatkan sertifikat ini. Penyerahan sertifkat ini berlangsung kemarin Rabu 12 Oktober 2016 di Hotel Golden Palace.

 

Sinergitas yang dilakukan oleh Asosiasi Hotel Mataram (AHM) bersama Dinas Pariwisata Kota Mataram, Badan Promosi Pariwisata Kota Mataram (BP2KM) dan GIZ Sregip (Lembaga donor Jerman) dibantu oleh Lembaga Sertifikasi Pariwisata-Pariwisata Bali Indonesia (LSP-PBI) berhasil mendapatkan status Mataram Kompeten untuk saat ini.

 

Reza menyampaikan “Dengan sertifikat ini maka pelayanan hotel di Kota Mataram tidak diragukan lagi. Setaraf dengan Singapura, Malaysia, Thailand dan negara ASEAN lainnya. AHM mengajak semua hotel non bintang untuk bergabung dan bersinergi bersama dalam pelaksanaan sertifikasi ini. Tidak ada ruginya untuk bergabung di Asosiasi Hotel Mataram dan ini adalah buktinya. AHM baru berdiri 2 tahun tetapi sudah bisa melaksanakan kerja besar sertifikasi yang seharusnya sudah sejak dulu dilakukan. Sertifikasi ini merupakan amanat UU No. 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan BAB XII pasal 53 yang menyatakan tenaga kerja kepariwisataan memiliki standar kompetensi.”imbuhnya.

 

Menurut UU tersebut disampaikan bahwa usaha hotel harus memiliki sertifikasi usaha Pariwisata. Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut dibutuhkan minimal 50% dari seluruh karyawan sudah bersertifikasi.

 

Dalam pertemuan kali ini AHM juga mengajak SMK Pariwisata Mataram yang hadir adalah I Komang Rena selaku Kepala Sekolah beserta tim. Reza menyampaikan “Bahwa AHM sangat peduli dengan sektor pendidikan krn merupakan cetak biru bagi industry. Dengan kualitas pendidikan Pariwisata yang baik maka akan menghasilkan SDM yang terbaik sehingga bisa dierap industri. Banyak orang yang mau bekerja tetapi perusahaan memilih tenaga kerja yang berkualitas. Ini semua bisa didapatkan dengan pendidikan yang bisa bersinergi dengan industri. Dalam kesempatan ini saya menghadirkan pihak SMK Pariwisata Mataram supaya melihat sendiri hasil dari uji kompetensi tersebut. Kedapannya kami berharap para guru di SMK Pariwisata Mataram lebih sering terjun langsung ke industri.”

 

Siska Darmawan selaku Direktur LSP PBI menjelaskan bahwa LSP PBI merupakan salah satu lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah pusat, karena memiliki kinerja yang baik dengan tenaga asesor yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing. “Untuk blangko sertifikat berlogo Garuda Emas ini kami langsung mendapat kiriman dari Jakarta demikian juga saat mencetak nama-nama dan posisi peserta, bahkan percetakan setempat di Bali tidak sanggup melakukannya karena ada kode sekuriti khsusus dan harganya cukup mahal, sehingga tidak bisa sembarangan cetak,” tegasnya.

 

Uji kompetensi ini masih akan terus berlangsung ke tahap berikutnya. Dan akan menyebar ke profesi pariwisata lainnya seperti restoran.

 

Hadir pada acara penyerahan sertifikat profesi ini para General Manager (GM) yang hotelnya tergabung dalam AHM, Tim LSP PBI dan SMK Pariwisata. Semoga keterlibatan pemerintah dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk hal-hal baik semacam ini selalu menjadi tujuan utama sehingga dapat memajukan pariwisata dan orang-orang yang terlibat langsung didalamnya, yang secara tidak langsung pasti akan mempengaruhi peningkatan perekonomian daerah tersebut.

 

Terima kasih-Selesai.

 

Contact person : Reza Bovier 08561069216