AHM, GIZ, BP2KM Dan Disbudpar Mataram Selenggarakan Sertifikasi Karyawan Hotel

Dipostkan pada : 2016-09-21    Oleh : Salman    Viewer : 278

AHM, GIZ, BP2KM dan Disbudpar Mataram selenggarakan Sertifikasi karyawan hotel

Mataram, 20 Agustus 2016.

Sertifikasi berlaku di Asean
Setelah beberapa kali mengadakan pelatihan secara sukses untuk pelayanan prima kepada para
tamu dan bersiap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), Asosiasi Hotel Mataram
bekerjasama dengan GIZ Sregip dan Badan Promosi Pariwisata Kota Mataram (BP2KM) dengan
dukungan Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Mataram mengadakan Uji Kompetensi untuk
mendapatkan Sertifikasi Profesi karyawan hotel se kota Mataram yang dilaksanakan mulai tanggal
15-19 September di 2 hotel yaitu Santika dan Golden Palace.
Sebanyak kurang lebih 300 karyawan melakukan uji kompetensi tersebut. Para penguji didatangkan
langsung dari Bali yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Bali Indonesia (LSP PBI). Untuk saat ini
4 bagia di hotel yaitu Food & Beverage Service, Food & Beverage Kitchen, Front Office dan
Housekeeping. Semua karyawan sangat antusias dan semangat mengikuti uji kompetensi. Ketua
AHM Reza Bovier mengatakan “Uji kompetensi merupakan salah satu program prioritas AHM di
tahun 2016 dalam rangka peningkatan kualitas SDM di Mataram, kami sangat peduli di sektor
pendidikan, karena sektor ini adalah cetak biru dari sebuah perusahaan. Dengan terlaksananya uji
kompetensi ini maka hasilnya tidak perlu diragukan lagi pelayanan karyawan hotel di kota Mataram
dalam menyambut para tamu yang terhormat. Kami berharap masih ada kesempatan lagi bagi
bagian lain di hotel yang belum bisa dilaksanakan yaitu Sales, Accounting, Engineering. Kami
mendatangkan Lembaga yang berkualitas, ini bisa dibuktikan bahwa sertifikasi yang dihasilkan bukan
kelas lokal atau nasional tetapi berlaku di Asean maka secara otomatis kualitas karyawan yang telah
disertifikasi berkelas Internasional”
Untuk tahap selanjutnya adalah hotelnya yang disertifikasi. Tahapan dasar sertifikasi usaha adalah
minimal 50% dari jumlah karyawan telah mempunyai sertifikasi uji kompetensi. Maka dengan
demikian hotel di kota Mataram telah siap menghadapi persaingan global. Dengan sertifikasi usaha
maupun karyawan pelayanan dan kualitas terjamin karena telah melalui tahapan ujian secara ketat.
Asosiasi Hotel Mataram mengucapkan terima kasih kepada semua anggota yang telah mengikuti
program ini.
Terima kasih-Selesai.
Contact person : Reza Bovier 08561069216