Tradisi Lebaran Topat Dukung Wisata Halal Mataram

Dipostkan pada : 2016-08-31    Oleh : Salman    Viewer : 268

Perayaan Tradisi Lebaran Topat yang digelar sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri akan dijadikan salah satu even skala Nasional dalam menopang Pariwisata Halal yang tengah digalakkan oleh Kementerian Pariwisata RI. Pemerintah Kota Mataram tengah serius melakukan pembenahan destinasi pariwisata terutama destinasi wisata religi seperti areal Makam Loang Baloq dan Taman Rekreasi Loang Baloq.

Perayaan Lebaran Topat Pemerintah Kota Mataram merupakan pelestarian tradisi yang telah menjadi budaya di masyarakat. Selain tradisi ziarah Makam para leluhur dan penyebar Agama Islam, dalam perayaan Lebaran Topat juga dilakukan tradisi ngurisan di Makam. Seluruh rangkaian ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Keunikan dari Tradisi Lebaran Topat ini hanya dilakukan di sejumlah wilayah di Pulau Lombok seperti di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara dan Sebahagian wilayah Lombok tengah. Kota Mataram dengan garis pantai sepanjang 9 kilometer lebih setiap perayaan lebaran topat ramai dikunjungi oleh masyarakat yang tidak hanya datang dari dalam kota namun juga sejumlah daerah di NTB.

Dengan keunikan dan kekhasan dari perayaan ini, Pemerintah Kota Mataram melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan terus melakukan pembenahan baik destinasi wisata maupun konsep wisata halal serta mengusulkan kegiatan Lebaran Topat sebagai salah satu Kalender Even dari Kementerian Pariwisata RI.

Dalam memeriahkan perayaan Lebaran Topat, selain menyelenggarakan ziarah makam, Pemerintah juga memfasilitasi masyarakat yang datang dari berbagai penjuru dengan berbagai hiburan rakyat mulai dari pentas musik hingga sore hari di 2  (dua) titik  yakni Pantai Loang Baloq dan Pantai Ampenan.(dh)