Pemkot Cetak Rekor MURI Perserta Al Barzanji Terbanyak

Dipostkan pada : 2016-08-02    Oleh : Salman    Viewer : 290

Sebanyak lebih dari sepuluh ribu peserta turut serta dalam Selakaran Al Barzanji menyemarakkan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional ke-26 tahun 2016. Perserta yang terdiri dari 4 ribu jamaah selakaran yang berasalan dari Kota Mataram serta ribuan pelajar turut memadati sepanjang jalan Langko hingga jalan Pejanggik. Kegiatan yang di gelar dua hari jelang Pembukaan MTQ Nasional ini telah berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Provinsi Bengkulu.

Senior Manajer Museum Record Dunia Indonesia, Jusuf Ngadri menyebutkan, sebelumnya kegiatan serupa pernah dilaksanakan di Bangka Belitung dan Bengkulu. Jika record sebelumnya dipegang oleh Provinsi Bengkulu dengan jumlah peserta sebanyak 8 ribu orang, maka saat ini rekor tersebut telah berhasil dipecahkan oleh Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan jumlah peserta lebih dari 10 ribu orang.

Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat yang juga Ketua Panitia Pelaksana H. Rosyiadi Sayuti menyebutkan, kegiatan yang bertajuk “Gema Selakar Barzhanji ini dihajatkan untuk memeriahkan pra MTQ Nasional XXVI. Kegiatan ini bertujuan untuk semakin menumbuhkan kecintaan Ummat Islam akan Nabi Muhammad SAW.

Sementara Wali Kota Mataram, H. Ahyar Abduh yang turut memandu Serakalan menyatakan, Kota Mataram selaku tuan rumah berupaya memberikan kesan positif terhadap penyelenggaraan MTQ Nasional. Ahyar menegaskan, kegiatan Nasional ini menjadi upaya jajarannya untuk memberikan yang terbaik tidak hanya dari sisi penyelenggaraan namun juga dari sisi prestasi.

Dikatakan Ahyar, ada 3 sukses yang hendak dicapai dalam setiap perhelatan kegiatan baik skala Nasional maupun Internasional di Kota Mataram yakni sukses pelaksanaan, sukses pencitraan dan sukses ekonomi. Namun mengingat Kota Mataram dan Nusa Tenggara Barat merupakan daerah penghasil hafiz dan hafizhah, mufassir mufassirah, Qori’ dan Qori’ah, maka sukses berikutnya yang harus diraih yakni sukses prestasi tegasnya.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTB H. M Amin menyebutkan, dalam catatan sejarah, 43 tahun yang lalu NTB sukses menyelenggarakan MTQ tingkat Nasional. Kali ini NTB tidak hanya memasang target hanya sukses penyelenggaraan semata namun juga menekankan agar sukses prestasi menjadi tujuan utama kafilah NTB.

Kegiatan Serakal Barzanjhi yang memecahkan rekor MURI ini diakui Wagub tidak hanya semata-mata untuk mendapatkan catatan rekor dari MURI namun juga memiliki makna akulturasi budaya suku Sasak Samawa Mbojo dengan ajaran Agama. Wagub juga mengapresiasi keterlibatan pelajar dalam kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian budaya bernafaskan religi sehingga bisa menjadi modal dalam memajukan pariwisata di Nusa Tengara Barat.  (dh/ nyem/soni foto humas)

- See more at: http://mataramkota.go.id/berita-940-pemkot-cetak-rekor-muri-perserta-al-barzanji-terbanyak.html#sthash.3adgYgGk.dpuf