MATARAM SURGA KULINER LOMBOK

Dipostkan pada : 2016-06-09    Oleh : Salman    Viewer : 704

Mataram Surga Kuliner Lombok

            Mataram selain sebagai pusat Pemerintahan di Nusa Tenggara Barat, juga merupakan pusat heterogenitas/keberagaman agama, suku dan budaya. Dengan keberagaman ini, secara otomatis Kota Mataram juga memiliki keberagaman dan kekayaan kuliner Lombok.

            Sambil menikmati keberagaman budaya di Lombok, Mataram menyediakan semua makanan khas Lombok. sebagai surga bagi pecinta makanan khas Lombok Wisatawan akan dimanjakan oleh nikmat dan lezatnya citra rasa makanan.

Ada beberapa alasan kenapa mataram menjadi surga kuliner Lombok yaitu ; pertama, hampir semua masakan khas Lombok yang berasal dari Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat dan Lombok Utara bisa ditemukan di Mataram.  misalnya, nasi puyung yang berasal dari daerah Puyung Kabupaten Lombok Tengah bisa ditemukan diberbagai sudut Kota Mataram, Ayam Rarang masakan khas daerah Rarang di Kabupaten Lombok Timur bisa ditemukan di Kota Mataram. Dan pelbagai contoh lainnya yang mengukuhkan mataram jadi pusat makanan khas Lombok.

Alasan kedua, wisatawan akan dimanjakan oleh mudahnya mendapatkan akses untuk menjajal wisata kuliner khas Lombok. dengan luas daratan 61,30km mataram yang terbagi menjadi enam Kecamatan akan sangat mudah untuk ditempuh oleh trasnportasi darat.

Alasan ketiga, adanya tempat-tempat yang menyediakan masakan khas Lombok yang tersentralisasi. Misalnya masakan khas ayam Taliwang yang terdapat di Taliwang, ada banyak restoran dan rumah makan di daerah Taliwang Kecamatan Cakranegara. Adanya banyak restoran dan Rumah makan di daerah sayang-sayang di jalan lingkar selatan Kota Mataram yang menyediakan aneka macam makanan khas Lombok.

Masakan khas Lombok yang terkenal dengan keunikan, kenikmatan dan kelezatan saat menyantapkan memberikan sensasi bagi para pecinta kuliner nusantara. Berikut ini beberapa makanan khas Lombok yang wajib anda nikmati dan coba di kota Mataram.

  1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan salah satu makanan khas Lombok yang terkenal. Ayam Taliwang dibuat dari ayam kampung yang masih muda, biasanya diproses dengan cara di goreng, dibakar atau dipanggang. Lalu diberikan bumbu khas Lombok yang pedas atau bisa juga meminta bumbu tidak terlalu pedas kepada penjual makanan. Sensasi makanan ayam taliwang terletak pada bumbunya yang memberikan rasa sangat lezat, nikmat dan makyus.

  1. Pelecing Kangkung

Makanan ini dibuat dari kangkung Lombok yang terkenal renyah dan empuk. Kangkung direbus dan diberi bumbu campuran tomat, cabe rawit, terasi bakar, dan garam. Yang memberi rasa nikmat adalah kangkung Lombok berbeda dengan daerah lainnya, kangkung Lombok terasa empuk dan gurih. Saat dihidangkan kangkung ditambahkan tauge, kacang goreng dan parutan kelapa yang diberi bumbu pelecing yang pedas. Pelecing kangkung bisa didapatkan dihampir semua rumah makan khas Lombok.

  1. Beberoq Terong

Beberoq terong merupakan makanan khas Lombok yang dibuat dari terong ungu yang bulat dipotong kecil seperti dadu, beberoq terong ini biasa dihidangkan bersamaan dengan ayam taliwang. Beberoq dibumbui cabe rawit merah, terasi, tomat, bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir,kencur dan minyak goreng. Bumbu beberoq disiramkan ke terong yang sudah dipotong seperti dadu lalu sebagai pelengkap diberi perasan air limau. Beberoq akan terasa pedas, sedikit manis dan pastinya lezat.

  1. Sate Bulayak

Sate bulayak adalah perpaduan antara sate daging sapi dan bulayak saat memakannya. Bulayak adalah sejenis lontong yang dibuat spiral memanjang yang dibuat dengan daun pohon enau atau daun pohon aren. Sate bulayak dibuat dengan membumbui sate sapi dengan bumbu sate khas Lombok yang dimakan dengan bulayak, rasanya nikmat dan lezat.

  1. Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung adalah nasi yang memberikan sensasi pedas pada makanannya, rasa pedas luar biasa tersebut membikin rasa ingin mencobanya terus-menerus. Nasi puyung berisi suwiran daging ayam, sambal, udang kering, kerupuk kecil, telur dan campuran minyak goreng pada sambalnya yang pedas bercampur dengan daging ayam.

  1. Ares

Ares merupakan masakan khas Lombok yang dibuat dari pelepah pisang, pelepah pisang  diambil bagian dalamnya. Pelepah pisang atau gedebok pisang muda diambil bagian dalamnya lalu dipotong berbentuk lingkaran tipis, dibumbui dengan bumbu khas Lombok yang diberikan santan saat memasaknya. Rasanya sangat khas, enak, lezat dan bikin ketagihan.

  1. Sate Rembige

Sate rembige merupakan sate daging sapi yang sangat enak, sate  rembige ini diberikan nama sesuai dengan tempat penjualan satenya, yaitu daerah rembiga dekat bandara selaparang lama. Bumbu langsung ditaburkan pada sate saat membakarnya menjadi ciri khas sate ini, rasanya khas dan lezat.

  1. Sate Tanjung

Sate tanjung dibuat dari ikan laut yaitu ikan cakalang atau ikan langoan itulah yang membedakannya dengan sate rembige, bumbunya sate tanjung juga sudah bercampur dengan sate. Rasanya enak, lezat dan khas Lombok. sate tanjung ini merupakan makanan khas Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Sate tanjung bisa didapatkan di pasar cakranegara dekat toko kue mirasa dan bisa didapatkan dibeberapa tempat lainnya di Kota Mataram.

  1. Bebalung

Bebalung merupakan makanan seperti sop tanpa mie yang dibuat dari tulang iga sapi atau tulang iga kerbau. Bebalung biasanya disajikan dengan mangkuk, tulang iga diberi bumbu khas bebalung sasak berkuah. Enak dimakan saat panas dengan nasi putih, rasa enak, lezat dan terasa khas sensasi kuliner masyarakat sasak.

  1. Krupuk empak/krupuk kulit

Krupuk empak dalam bahasa sasak atau krupuk kulit terbuat dari kulit sapi, kulit kerbau dan ada juga krupuk empak yang dibuat dari kulit kuda. Krupuk kulit yang dibuat di Kota Mataram memiliki rasa khas yang enak, krupuk biasanya menjadi makanan pelengkap pada saat makan ayam taliwang, pelecing, bebalung dan sate bulayak. Di Kota Mataram ada dua sentral pembuatan krupuk empak yaitu seganteng di Kecamatan sandubaya dan Gubuk mamben kelurahan Karang Pule Kecamatan Sekarbela.

  1. Olahan Rumput Laut

Hasil olahan rumput laut dikemas secara modern, membuat olahan rumpat laut enak dipandang dan enak dimakan. Olahan rumput laut memiliki beragam jenis olahan seperti dodol rumput laut, minuman rumput laut, manisan rumput laut dan berbagai olahan rumput laut lainnya yang bisa dibawa sebagai buah tangan.

  1. Tahu Tempe

Tahu Lombok memang bentuknya sama seperti lainnya, namun rasanya berbeda. Tahu Lombok meskipun tidak digoreng dan dimakan mentah-mentah akan tetap terasa enak, lembut dan lezat. Tahu khas Lombok telah menjadi buah tangan atau oleh-oleh bagi wisatawan. Tahu khas Lombok bisa di dapatkan di Kelurahan Abian Tubuh yang telah memiliki beberapa toko khas tahu Abian Tubuh dan juga bisa didapatkan di Kelurahan Kekalik dan Gerisak.

            Selamat menikmati makan khas Lombok di Mataram sebagai surga kuliner Lombok. keberagaman budaya dan etnis di mataram telah memperkaya kuliner Lombok, Ayo ke Mataram anda akan dimanjakan oleh nikmatnya cita rasa kuliner gumi sasak.