MATARAM MENUJU DESTINASI WISATA HALAL

Dipostkan pada : 2016-06-09    Oleh : Salman    Viewer : 896

Mataram menuju Destinasi Wisata Halal

Lombok mendapatkan dua penghargaan sekaligus dalam ajang The Word Halal Travel Summit/Exhibition yang diadakan di Uni Emirat Arab (UEA) tahun 2015, Lombok menjadi jawara sebagai Word Best Halal Honeymoon Destination atau wisata Halal Bulan Madu Terbaik di dunia, dan Word Best Halal Taurism Destination atau Tujuan Wisata Halal Terbaik di Dunia.

Dua penghargaan diatas menjadi momentum bersejarah bagi pariwisata Lombok untuk meningkatkan kualitas pariwisata. Apalagi dengan dua penghargan prestsius tersebut wisatawan bisa bertambah mengunjungi Lombok terutama wisatawan dari negera-negara Timur Tengah.

Wisatawan Timur Tengah akan sangat senang dengan destinasi wisata tropis, Lombok dengan tipikal daerah tropis yang menyediakan pemandangan hijau daerah tropis akan menggiurkan bagi wisatawan Timur Tengah.

Menurut menteri pariwisata Arif Yahya untuk menarik wisatawan langsung datang ke Lombok diperlukan pembenahan 4 hal yaitu meningkatkan promosi wisata, menyiapkan sumber daya manusia, pembenahan beberapa destinasi khusus halal dan menambah jadwal penerbangan internasional langsung Lombok dari beberapa Negara target (Kompas, 18/3/2016).

Rencana pembukaan rute penerbangan internasional maskapai penerbangan emirates dari Dubai langsung Lombok pada bulan desember tahun 2016 adalah terobosan untuk menarik wisatawan timur tengah menuju pulau lombok. jumlah wisatawan Timur tengah yang melakukan perjalan wisata sekitar 140 juta setiap tahunnya dan sebagian besar melakukan perjalanan wisata menuju Eropa.

Untuk menarik wisatawan Timur Tengah pulau lombok dan khususnya Kota Mataram memiliki modal penduduk mayoritas muslim. Dengan modal ini Pemerintah kota Mataram diharapkan untuk terus berbenah dan menyiapkan destinasi wisata halal. Salah satu langkahnya adalah menyiapkan destinasi khusus kuliner makanan khas Timur Tengah. Penyiapan destinasi ini diperlukan sebagai daya tarik wisatawan, menjadikan mereka betah dan merasa di rumah sendiri.

Hal diatas terkait dengan rekomendasi Tim kementerian pariwisata meminta Pemerintah Kota Mataram menyiapkan lahan untuk dijadikan pusat destinasi kuliner Timur Tengah. Langkah ini merupakan langkah strategis agar Kota Mataram siap dan mampu dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Dalam rencana ini, setelah Pemerintah Kota Mataram menyiapkan lahan Kementerian Pariwisata menyiapkan anggaran pembangunan areal Kuliner Timur Tengah.

Usaha promosi pariwisata telah dilakukan, diantaranya dua penghargaan internasional dalam The Word Halal Travel 2015 menjadi promosi sangat baik pariwisata Lombok, Lombok juga dipromosikan di Riyadh Travel Show 2016 dan komitmen perusahaan penerbangan emirates untuk ikut serta mempromosikan wisata lombok dengan pembukaan penerbangan internasional langsung Lombok menjadi angin segar bagi pariwisata Lombok.

Pemerintah Kota Mataram berbenah dan menyiapkan diri menjadi tujuan destinasi wisata halal dunia. Dan salah satu program yang dipersiapkan adalah rencana pembuatan areal khusus untuk pembangunan makanan khas Timur Tengah. Bahkan Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat berencana menyiapkan kawasan destinasi wisata khusus halal dengan halal beach atau pantai halal.

 

 

.