PARADE BUDAYA TRADISI DAN RELIGI KOTA MATARAM

Dipostkan pada : 2016-06-09    Oleh : Salman    Viewer : 521

PARADE BUDAYA TRADISI DAN RELIGI KOTA MATARAM

Kota Mataram sebagai salah satu destinasi penyangga pariwisata Nusa Tenggara Barat memiliki kewajiban dalam memajukan industri pariwisata di Provinsi ini. menjadi Ibukota Provinsi, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara karena disinilah etalase seni dan budaya Nusa Tenggara Barat dapat dijumpai.

Selain kaya akan keanekaragaman alam seperti Hutan, Pantai, Gunung serta gugusan pulau pulau kecil, Nusa Tenggara Barat memiliki keanekaragaman budaya yang lahir dari sebuah peradaban panjang. Berbicara tentang pariwisata tentu tidak hanya berbicara tentang keindahan alam tetapi juga adat isitiadat yang berlaku di suatu daerah. Banyak dari wisatawan yang mengagumi Indonesia yang memiliki khazanah budaya yang terbilang lengkap.

Selain terkenal dengan panorama alam yang eksotis serta beragam budayanya, Nusa Tenggara Barat khususnya telah lebih dahulu dijuluki Pulau Seribu Masjid yang artinya masyarakatnya dikenal sebagai masyarakat religius dengan memegang teguh ajaran agama yang di implementasikan dalam kehidupan sehari hari. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dengan daerah lain di Indonesia. Hal ini pula yang menjadikan Bali menjadi destinasi wisata skala Internasional karena memegang teguh ajaran leluhur mereka. Kearifan lokal terus dipeliharan tentunya dengan sentuhan modernitas tanpa mengesampingkan esensi dari tradisi tersebut.

Di Kota Mataram, beragam tradisi budaya dan religi terus terpelihara dengan baik seperti Seremoni Perayaan Maulid Nabi, Perayaan Isra’ Mi’raj, Tahun Baru Islam, Lebaran Topat dan sejumlah budaya lainnya yang dikemas sebagai sebuah penyelenggaraan yang menarik untuk disaksikan dan dinikmati oleh para wisatawan bertepatan dengan perayaannya.

Selain melaksanakan perayaan keagamaan, momentum tersebut juga dijadikan sebagai daya pihak wisatawan yang tidak dapat hadir bertepatan dengan waktu pelaksanaannya. Pemerintah menggagas Parade Tradisi Budaya dan Religi yang di dalamnya ditampilkan sejumlah seni tradisi dalam perayaan hari besar keagamaan seperti Ngurisan, Tradisi Bedulang, Nyunatan, Tradisi Bekayat serta sejumlah tradisi lainnya yang dapat disaksikan para wisatawan dalam satu waktu.

Parade Tradisi Budaya dan Religi ini telah masuk dalam Kalender Even Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram sehingga layak untuk dinantikan dan diabadikan bagi wisatawan. (dh)