MAKAM LOANG BALOQ AKAN JADI CAGAR BUDAYA

Dipostkan pada : 2016-04-28    Oleh : Salman    Viewer : 541

Makam Loang Baloq Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Akan Ditetapkan Menjadi Salah Satu Cagar Budaya Di Indonesia Oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3). "Status Makam Loang Baloq Yang Berada Di Kecamatan Sekarbela Saat Ini Adalah Sebagai Situs Dan Sebentar Lagi Statusnya Akan Menjadi Cakar Budaya," Kata Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Mataram H Abdul Latif Nadjib Di Mataram, 

Ia mengatakan, beberapa hari lalu tim dari BP3 sudah melakukan survei langsung ke lokasi dan Makam Loang Baloq dinilai layak untuk masuk menjadi salah satu cagar budaya di Indonesia. Kriteria yang pendukung dimasukkannya Makam Loang Baloq sebagai cagar budaya di antaranya kondisi wilayah, siapa yang dimakamkan, serta dampak dari lokasi itu terhadap masyarakat.

"Semua kriteria pendukung sudah terpenuhi, sehingga kita hanya tinggal menunggu penetapannya dari BP3," katanya.

Menurutnya, dengan akan ditetapkannya Makam Loang Baloq menjadi cagar budaya, hal itu akan memberikan dampak positif bagi perkembangan di Kota Mataram terutama untuk penataan makam tersebut. Pasalnya, katanya, berbagai operasional pemeliharaan dan penataan Makam Loang Baloq akan dialokasikan dari BP3, di samping adanya dana "sharing" dari pemerintah kota.

"Seperti halnya pemeliharaan Taman Mayure yang sudah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya," sebutnya.Tidak hanya itu, lanjut pria yang sering disapa Latif ini, berbagai upaya promosi juga akan menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal ini BP3, sehingga promosi dapat dilakukan secara menyeluruh.

"Kalau selama ini promosi kita lakukan hanya pada tingkat lokal saja," katanya. Meski demikian, lanjutnya, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan gambaran berapa besaran anggaran yang akan diberikan pemerintah untuk melakukan penataan dan promosi terhadap keberadaan Makam Loang Baloq tersebut.

"Masalah angka, kami belum bisa pastikan, yang terpenting Makam Loang Baloq ditetapkan dulu menjadi cagar budaya agar bisa memberikan dampak bagi masyarakat kota secara luas," katanya.

Makam Loang Baloq merupakan salah satu makam yang dikeramatkan warga di Pulau Lombok dan menjadi salah satu objek wisata religi di Kota Mataram. Makam yang sudah berusia ratusan tahun itu merupakan makam Syech Gaus Abdurrazak, pendakwah Islam dari Baghdad Irak yang menyebarkan Islam di Palembang kemudian ke Lombok sekitar abad 18 lalu.Makam ini ramai dikunjungi warga saat Lebaran Idul Fitri hingga perayaan Lebaran Topat atau tujuh hari setelah Idul Fitri, serta musim haji untuk membayar nazar atau janji.

sumber :http://www.lombokita.com