Sekilas Tentang AHM

Dipostkan pada : 2016-04-25    Oleh : Salman    Viewer : 597

Sekilas tentang AHM ( Asosiasi Hotel Mataram )

Setelah berkonsolidasi dengan beberapa rekan Hotelier maka bertemulah pada tanggal 10 Oktober 2014 bertempat di Sky Lounge-Pratama Hotel pemimpin hotel yaitu Saya dari Hotel Santika, Pak Lukman-GM Pratama Hotel, Ibu Meti-Sales Mgr Mataram Square Hotel, Pak Ridwanto-GM Hotel Grand Legi Mataram, Mba Rahma-HM Lombok Plaza Hotel, Ibu Nila-HM,  Ibu Aming-HM Arianz Hotel dan Pak Donik-HM Idoop Hotel. Awalnya adalah niat beberapa pemimpin hotel bukan hanya GM, ada juga Sales Manager dan Operation Manager yang perlu wadah organisasi untuk kepentingan bersama. Muncul ide nama awal yaitu Mataram City Hotel disingkat Macih. Saat itu sudah terpikir untuk membentuk organisasi. Pertemuan rutin dilaksanakan setiap 1 bulan sekali membahas berbagai macam informasi maupun kendala yang dihadapi hotel.

Logo atau lambang AHM telah resmi dibuat dengan deskripsi sbb : Lambang organisasi adalah penampilan seorang pekerja budaya sedang beraksi dengan Gendang Beleq berpakaian adat Sasak. Berlatar warna titik merah adalah peta kota Mataram dan pulau Lombok. Bentuk huruf dan singkatan lebih menampilkan kota Mataram berwarna merah.

Maksud dan tujuan AHM

Bahwa kemajuan industri Pariwisata di kota Mataram dapat diwujudkan dengan peran aktif para pelakunya seperti hotel. Maka diperlukan suatu wadah yang bertujuan untuk menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait dan fokus untuk kemajuan Pariwisata Kota Mataram. Maka pada tanggal 31 Januari 2015 secara resmi dibentuk Asosiasi Hotel Mataram (AHM) untuk menampung, mengusulkan dan mengkritisi semua kebijakan yang terkait dengan Kepariwisataan khususnya Perhotelan.

AHM tidak memandang tingkatan bintang atau melati dari status hotel dan juga tidak memandang tingkat jabatan yang mewakilinya. Asalkan punya niat untuk bersatu memajukan Pariwisata Kota Mataram, maka silahkan bergabung. AHM berkomitmen bahwa semua anggota adalah mitra. Prinsip kebersamaan lebih dikedepankan. Saling bantu promosi dan berkunjung adalah bukti nyata.

Mitra kerja

Mitra kerja AHM Adalah semua pihak yang berkepentingan untuk kemajuan Pariwisata diantaranya :

1.   Pemerintah.

2.   Pihak Keamanan terkait.

3.   Organisasi Pariwisata.

4.   Agen Perjalanan.

5.   Transportasi udara, darat dan laut.

6.   Usaha Kecil Menengah.

7.    Restoran skala kecil, menengah dan besar.

8.    Industri penyuplai kebutuhan hotel.

9.    LSM yang berorientasi kemajuan Pariwisata.

10.  Semua kegiatan yang berdampak kepada Pariwisata.

 

Sumber Dana

• Iuran anggota secara tetap.

• Dana hibah dari luar sebagai sponsorship.

• Dana hibah dari Pemerintah untuk menjalankan program promosi